Translate

Senin, 30 Januari 2012

SD Gunung Batu Bogor Juara Dokter Kecil Mahir Gizi

TwitThis
Assalamu'alaikum semuanya...!!! hemmpt pagi2 gini enaknya ngapain yak??? mending bikin postingan dulu deh biar blog'y Update terus..hehhehe
Hemmpt..!! sebelum posting blog,tadi pagi Arya sempet2in buat liat berita di tv biar ga ketinggalan informasi gitu..Tadi Arya liat berita tentang sebuah SD yang di kalangan ga mampu bisa berprestasi di kancah nasional dalam perlombaan Dokter Kecil Mahir Gizi yang di ikuti beberapa sekolah se-Nasional.Kebetulan yang juara pertama dari daerah Bogor,kebanggaan tersendiri buat Arya yang asli orang Bogor.Yaa,postingan ini cuma buat informasi dan motivasi deh buat kita semua agar kita juga bisa berprestasi kaya adik2 kita yang satu ini.Ok deh untuk postingan kali ini Arya mengutip dari sebuah situs,kalo mo liat klik disini.
Ok deh ga usah berlama-lama lagi "CEKIDOT"



Jakarta, Dokter kecil memiliki peran meningkatkan kesehatan termasuk gizi. SD Gunung Batu Bogor berhasil menjadi juara 1 Dokter Kecil Mahir Gizi berkat idenya menggunakan permainan ular tangga dalam menyampaikan pesan kesehatan tentang gizi.

Bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Caravan Gizi Nestle Dancow melakukan kompetisi 'Sehat Dimulai Dari Sekolahmu' bagi para dokter kecil mahir gizi yang terdiri dari 27 tim sekolah dasar dari 25 kota di Indonesia.

Setelah melalui tahap penjurian dan evaluasi mengenai project yang dijalankannya, tim dari SD Gunung Batu Bogor yang terdiri dari Nabila, Wildan, Siti Nur Latifah dan Erizal ini berhasil menjadi juara pertama dengan idenya menggunakan permainan Ular Tangga untuk menyampaikan pesan kesehatan. Konsepnya adalah bermain sambil belajar.

Keempat dokter kecil ini mengungkapkan bahwa permainan ular tangga ini ide dari mereka sendiri karena lebih mudah diingat. Karton seukuran 1x1 meter ini berisi kotak dari 1 sampai 100 yang mengandung piramida makanan serta jajanan mana yang sehat dan tidak sehat.

"Pas awal penjurian grogi, tapi setelahnya enggak. Pertamanya takut juga karena enggak pede, tapi ternyata bisa menang," ujar Nabila di sela-sela acara Penghargaan Pemenang Kompetisi Tingkat Nasional Dokter Kecil-Mahir Gizi 2011: "Sehat Dimulai Dari Sekolahmu' di gedung kementerian dan kebudayaan, Jakarta, Senin (30/1/2012).

Permainan ini menggunakan 2 dadu yang dikocok terlebih dahulu. Nantinya dokter kecil ini akan menjelaskan pada pemain isi dari kotak yang diduduki oleh pemain tersebut.

Misalnya dua dadu menghasilkan angka 9, di kotak nomer 9 ada gambar atau tulisan jajanan tidak sehat, maka dokter kecil akan menjelaskan makanan seperti apa yang tidak sehat dan pemain menyimak penjelasan tersebut.

Sedangkan gambar ular menunjukkan sebab akibat, misalnya ada pemain yang berada di kotak ular jajanan tidak sehat maka ia akan masuk ke kotak sakit perut sebagai akibatnya.

Tangga dalam permainan ini ada yang kecil berisi penjelasan karbohidrat, tangga sedang untuk vitamin dan mineral serta tangga tinggi untuk protein. Nantinya pemenang akan mencapai kotak 100 yang berisi 10 tanda anak bergizi baik.

Para dokter kecil mengungkapkan penyuluhan mengenai gizi dengan permainan ular tangga ini dilakukan seminggu 2-3 kali baik dalam jam pelajaran atau setelah pulang sekolah.

"Dokter kecil ini memberikan penyuluhan untuk semua kelas, jika penyuluhan saat pelajaran berlangsung saya akan meminta ijin guru yang mengajar," ujar E. Kosasih selaku guru pembina UKS SD Gunung Batu Bogor.

Sekolah dasar lain yang juga menjadi pemenang dalam kompetisi nasional ini adalah:
Juara 2: SD Al Irsyad, Cirebon dengan mengenalkan perlunya makanan sehat dan seimbang setiap hari melalui Hari Santapan Sehat dan Seimbang.
Juara 3: SD Islam Sabilillah, Malang dengan mengenalkan triguna makanan, gizi seimbang dan membiasakan siswa membawa bekal, 'Makanan untuk Tubuh Sehatku'.
Juara Harapan 1: SD Perumnas 581, Jayapura dengan penyuluhan gizi dan makanan sesuai dengan 10 tanda umum anak bergizi baik.
Juara Harapan 2: SD Jati Makmur 5, Bekasi, dengan gerakan peningkatan mutu Trias UKS di sekolah dan lingkungan sekitar.
Juara Harapan 3: SD Inpres 02 Manado dengan program mengenalkan jajanan sehat.

Selain itu juri juga memberikan penghargaan khusus sebagai Duta Perubahan untuk sekolah SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kupang, karena dengan segala keterbatasan yang dimiliki mereka cukup kreatif dan tetap semangat melakukan penyuluhan.

"Para dokter kecil mahir gizi ini sudah menjalani pelatihan oleh PDGMI yang berisi informasi tentang gizi, bahan makanan, penyusunan menu dan 10 tanda umum anak bergizi baik, bagaimana memilih jajanan yang sehat dan aman, pengukuran status gizi dan praktek penyuluhan," ujar Dr dr Carmen M Siagian, MS, SpGK, Ketua 1 PDGMI Pusat.

Diharapkan dengan adanya dokter kecil mahir gizi ini bisa menyebarkan secara luas pada teman-teman dan lingkungan mengenai gizi seimbang sehingga anak-anak bisa memiliki status gizi yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Gimana tuh??setelah membaca postingan Arya tadi??mudah2an aja informasi tersebut bisa bermanfaat bagi kita semua dan mudah2an buat kita para pemuda agar tetap semangat dalam belajar dan bisa berprestasi seperti adik2 kita yang masih Sekolah Dasar ini dan kita bisa mencontoh apa yang adik2 yang sudah berprestasi dan kita sebagai pemuda jangan jadi seorang yang pemalas jadilah pemuda yang banyak ingin tahu dan bisa kreatif,inovatif dan bisa berprestasi.Cukup sekian deh postingannya,semoga bermanfaat..!!!

0 komentar:

Posting Komentar